CulinaryExplorer

Ayam Taliwang, Pedasnya Menggugah Selera

Ayam Taliwang dari Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu dari empat masakan tradisional yang mewakili Indonesia dalam ajang World Street Food Congress 2015 di Kawasan Bugis, Singapura. Tiga menu lainnya adalah Gudeg dan Kupat Tahu Gempol dari Bandung, Jawa Barat; Soto Ambengan dari Surabaya, Jawa Timur.

Ayam Taliwang

foto : Google Image

Jika Anda melancong ke Nusa Tenggara Barat, sepertinya kurang lengkap bila tidak  menikmati kuliner Ayam Taliwang. Sajian ini wajib dinikmati dengan plencing kangkung, yang terdiri dari sayur kangkung, toge, kacang tanah, dan sambal tomat bercampur terasi. Pedas dan rasa gurih dari ayam kampung muda yang dibakar langsung berasa enaknya. Selain ayam bakar, bisa juga digoreng dan dipanggang. Rasa khas santapan ini adalah rasa pedasnya yang sangat pedas membakar lidah.

Saat menyantap Ayam Taliwang, jangan lupa sediakan sapu tangan, atau tisu untuk mengusap keringat yang mulai bercucuran. Warna hitam agak coklat keemasan yang muncul dari proses pengolahan menambah selera makan untuk melahap hidangan nan nikmat ini. Bagi pecinta kuliner pedas, menu yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi.

Mengapa disebut Ayam Taliwang? Konon karena masakan ayam berbumbu ini berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ada cerita, bumbu ayam dahulu kala ditemukan oleh H Murad (alrmarhum) dan istrinya, Salmah dari Karang Taliwang.

Saat Anda berkunjung ke Lombok, silahkan singgah di Ayam Taliwang Irama berlokasi di Jl. Ade Irma Suryani, No.10, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Telepon: (0370) 623163. Tapi bagi Anda yang tinggal di Kota Gading Serpong, bisa menikmati Ayam Taliwang di Ayam Taliwang Lima Rasa berlokasi di Ruko Bolsena, Blok B No 10 – 11, Jl. Boulevard Gading Serpong, Tangerang, Telepong: (+6221) 49704679.  Restoran lainnya adalah Ayam Bakar Taliwang Wongso di Salsa Food City Blok B, Jl. Bulevar Gading Serpong. Telepon: (+6221) 5420-2002. Selamat berkeringat!