BusinessProperty

Batu Mulia Termahal di Dunia

Saat ini Indonesia seperti sedang kembali ke ‘zaman batu.’ Bukan, ini bukan berarti Indonesia kembali ke zaman primitif. Itu karena, saat ini sebagian besar warga Indonesia, sedang banyak memburu batu terutama batu akik. Saking terkenalnya batu akik ini, dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) yang berlangsung pada 19-20 April 2015 di Indonesia lalu, Batu Akik dijadikan sebagai suvenir bagi pemimpin negara dari Asia dan Afrika yang hadir.

Batu Akik yang banyak menjadi incaran para pecinta batu di Indonesia diantaranya Bacan, Topaz, Kalimaya, dan Giok. Alasan batu-batu itu menjadi incaran, selain menarik, juga karena harga jualnya cukup tinggi.

Sebenarnya batu mulia tidak hanya dikenal di Indonesia. Di belahan dunia lain juga ada batu mulia yang menjadi incaran pada kolektor batu. Batu-batu yang menjadi incaran para kolektor dunia adalah batu yang unik, langka, dan mahal. Inilah baru-batu unik dan termahal di dunia, yang perlu Anda ketahui.

Jeremejeite – Rp 19,3 juta per karat

JeremejeviteCara melafalkan batu ini: ye-REM-ay-ev-ite. Batu Mulia ini pertama kali ditemukan oleh Jeremejev, mineralog asal Rusia pada tahun 1883. Batu ini awalnya dikira sebagai aquamarine, yaitu baru kristal berwarna biru muda yang pertama kali yang ditemukan di dunia. Dalam beberapa abad terakhir warna kuning dan beberapa sampel warna ditemukan dalam batu ini. Penemuan warna itu cukup langka sehingga membuat harga batu ini menjadi lebih mahal.

 

Blue Garnet – Rp 19,3 juta per karat

Blue GarnetBatu ini termasuk batu yang sulit dimengerti warnanya. Warna biru dalam batu ini hanya bisa dilihat sebagai bagian dari perubahan pola warna. Sementara orang lain menganggap tidak ada perubahan warna pada batu blue garnet ini. Menurut informasi, warna biru yang terlihat di batu ini bukanlah warna biru tua seperti yang terlihat di batu safir. Warna itu adalah warna kelabu atau biru kehijauan.

Blue Garnet sangat jarang ditemui. Menurut penjual batu mulia, batu ini hanya bisa ditemui di beberapa negara. Batu yang berharga sekitar Rp 19,3 juta per karat ini dikabarkan setimpal dengan harga perubahan warna yang terjadi di batu ini. Warna batu bisa berubah dari warna kebiruan menjadi warna merah atau keunguan.

Taaffeite – Rp 25 juta per karat

TaaffeiteBatu Taaffeite (diucapkan TAR-fight) yang berwarna merah keunguan ini pertama kali ditemukan pada 1945. Awalnya Edward Taaffe melihat ada sesuatu yang aneh di salah satu batu yang dibelinya. Dia melihat ada pembiasan ganda yang tidak biasa terjadi pada batu ini. Karena hal itulah Batu Taaffeite menjadi batu pertama dan satu-satunya batu mulia yang ditemukan saat sudah di atas permukaan.
Meskipun tergolong unik dan aneh, batu ini dianggap tidak terlalu mahal. Batu Taaffeite berkualitas tinggi dijual dengan harga sekitar Rp 25 juta per karatnya.

Black Opal – Rp 25 juta per karat

Black OpalBlack Opal hitam masih sering dicari oleh penambang batu di Australia. Batu ini tidak tergolong batu yang sulit ditemui namun harganya masih cukup tinggi. Alasan utama kenapa batu ini mahal adalah karena tingginya permintaan terhadap batu ini. Selain itu batu Black Opal yang benar-benar berkualitas hanya sebagian kecil yang beredar di pasaran. Batu Black Opal kualitas tinggi dijual dengan harga sekitar Rp 25 juta per karat. Harga bisa turun dengan cepat untuk batu Black Opal kualitas rendah. Biasanya batu Black Opal kualitas rendah dijual dengan harga Rp 1,2 – 3,8 juta per karat.

Demantoid Garnet – Rp 25 juta per karat

DemantoidBaru berwarna hijau cerah yang dikenal dengan Demantoid Garnet ini popularitasnya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Kelemahan yang ada pada batu ini justru yang melambungkan popularitasnya. Peningkatan popularitas ini biasanya disertai dengan peningkatan harga. Selain itu pasokan yang terbatas juga menjadi alasan harga terus naik.

Bagi pecinta batu mulia, batu ini cocok sekali untuk investasi karena harga cenderung terus meningkat. Kualitas terbaik batu ini dijual dengan harga mendekati Rp 25 juta per karat. Harga akan meningkat tajam ketika Anda memiliki batu ini dengan ukuran yang besar.

Poudretteite – Rp 38,6 juta per karat

PoudretteitePoudretteite adalah batu permata merah muda yang berwarna lembut. Batu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1987 di Quebec, Kanada. Menurut berbagai ahli mineral sebagian besar batu yang ditemukan di Kanada adalah batu dengan kualitas rendah. Batu poudretteite berkualitas tinggi mulai muncul di pasaran pada awal tahun 2000-an, ketika beberapa spesimen batu ini ditemukan di Mogok, Burma. Di tempat itu beberapa batu rubi yang sangat berharga juga ditemukan. Namun sebagian besar Poudretteite ditemukan saat itu dianggap batu Scapolite.

Ada kemungkinan bahwa Poudretteite tidak selangka seperti yang diduga saat ini. Harga Poudretteite berwarna pink dijual di kisaran harga Rp 38,6 juta per karat.

Benitoite – Rp 38,6 – Rp 51 juta per karat

BenitoiteBenitoite dapat ditemukan di California, Amerika Serikat. Batu mulia warna biru ungu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1907 dan dinamai dengan San Benito County, tempat di mana batu ini pertama kali ditemukan.

Karena batu mulia Benitoite hanya ditemukan di satu tambang di California, maka ketersediannya sangat terbatas. Itulah mengapa harganya bisa setinggi langit saat ini. Batu mulia ini juga tidak produktif. Jadi Anda akan sulit menemukan batu yang lebih dari 1 karat karena sangat langka. Batu Benitoite kecil dijual sekitar $500 per karatnya, sedangkan satu karat dan diatasnya biasanya dijual dengan harga $3.000-4.000 per karat.

Safir – Rp 51 – Rp 77 juta per karat

SapphireSalah satu batu mulia yang paling terkenal. Safir juga merupakan batu mulia yang paling mahal di dunia. Beberapa jenis safir seperti safir putih, safir yang bisa berubah warna dan beberapa warna mewah dijual dengan harga ratusan dolar per karat. Namun beberapa Safir seperti Safir Padparascha (safir orange), safir biru dan safir hitam dijual hingga $4,000-6,000 per karat. Dengan naiknya popularitas batu safir biru dan dipakai oleh Kate Middleton pada saat pertunangannya, harga safir biru mungkin akan sulit turun.

Musgravite – Rp 77 juta per karat

MusgraviteBatu mulia ini ditemukan pada tahun 1967 di pegunungan Musgrave Australia. Batu mulia ini memiliki beberapa warna. Warna yang paling menonjol adalah warna hijau dan ungu. Kemungkinan sebagian kecil dari batu Taaffeite di pasar saat ini sebenarnya batu Musgravite, karena sangat sulit membedakan keduanya.

Pada awal 2000-an hanya sedikit batu Musgravite yang beredar. Namun dalam beberapa tahun terakhir telah ditemukan di sejumlah tempat lain diantaranya Madagaskar dan Tanzania. Sayangnya, batu muliat Musgravite yang berkualitas masih sangat jarang ditemui. Batu Musgravite kualitas tinggi yang berwarna kehijauan dijual seharga $2.000-3.000 per karatnya.

Zamrud – Rp 103 per karat

zamrudZamrud telah ditambang di seluruh dunia selama ribuan tahun, sehingga banyak orang berpikir harganya bisa terjangkau. Sayangnya hal itu tidak terjadi, meskipun zamrud sudah ditambang sejak dahulu. Alasan utama mengapa zamrud masih ditambang karena sebagian besar Zamrud tidak dapat dipotong menjadi batu-batu mulia ukuran kecil. Zamrud berkualitas tinggi lebih dari 1 karat berharga lebih dari $8.000 per karat.