Travel

Ho Chi Minh City, Melancong Ke Luar Negeri Murah

Vietnam sebagai pilihan liburan yang menarik dan terjangkau. Sebelum memutuskan untuk jalan-jalan ke negara ini, yuk kita kupas apa saja yang menarik dan wajib dikunjungi!

Liburan, siapa yang tidak menanti-nantikan momen ini! Terlebih bagi kaum urban yang setiap harinya dihadapkan dengan rutinitas dan deadline kerja yang tinggi. Sejenak kita perlu melepaskan diri dari kepenatan dan mulailah membuat jadwal perjalanan. Bagaimana dengan Vietnam? Destinasi yang satu ini banyak kelebihannya loh! Menikmati keindahan alam, berbelanja dan mengunjungi obyek wisata bersejarah lainnya. Vietnam sebagai pilihan liburan yang menarik dan terjangkau. Sebelum memutuskan untuk melancong ke negara ini, yuk kita kupas apa saja yang menarik dan wajib dikunjungi!

Mungkin tidak banyak orang yang mengenal Vietnam selain dari film Ramboo atau film-film perang Hollywood lainnya. Tapi sejak 1986 pemerintah Vietnam mulai membuka pintunya bagi dunia luar. Dewasa ini, pariwisata telah menjadi sumber devisa terbesar kedua di Vietnam setelah industri (manufaktur), dan pertumbuhan ekonomi mereka menjadi salah satu yang tercepat di dunia.

Mata uang Vietnam adalah Vietnam Dong (VND), biasa disebut Dong. Nilainya sekitar 0,56 dari Rupiah, artinya mata uang kita lebih tinggi dari Dong. Hal ini menjadi nilai lebih untuk memilih Vietnam sebagai alternatif liburan keluar negeri yang terjangkau. Apalagi jika dibandingkan dengan negara lain yang dekat dengan Indonesia dan bebas visa, seperti Singapura, Filipina, Thailand, Malaysia dan Kamboja, maka Vietnam relatif lebih murah.

Maskapai penerbangan yang melayani rute Indonesia-Vietnam sangat beragam dan tersedia setiap hari. Untuk mendapatkan tiket murah, Anda bisa melakukan booking dari jauh-jauh hari. Promo menarik pun sering digelar oleh berbagai low cost carriers (LCC), bersiaplah untuk hunting! Ada Air Asia, Jet Star, Lion, atau pilihan lainnya seperti Garuda, Malaysia Airlines, Singapore Airlines, biasanya transit dulu di Singapura atau Kuala Lumpur.

Salah satu kota yang harus dikunjungi adalah Ho Chi Minh, dulunya bernama Saigon, memiliki banyak bangunan tua bergaya arsitektur Perancis. Notre Dame Basilica, Gereja Cathedral dengan gaya arsitektur gotik dan klasik. Dibangun oleh kolonial Perancis sekitar 1863-1880. Gereja ini memiliki dua menara setinggi 58 meter, dan enam lonceng terbuat dari tembaga dengan berat sekitar 29 ton. Tidak jauh dari tempat ini, ada Saigon Post Office (Buu Dien). Bangunan megah ini dibangun oleh arsitek asal Perancis yang juga mendesign Eiffel Tower bernama Gustave Eiffel. Ini akan menambah koleksi foto-foto keren kamu, pastinya!

Bagi pelancong yang meyukai wisata sejarah, kunjungilah Cu Chi Tunnels, sebuah jaringan terowongan bawah tanah besar yang menghubungkan banyak daerah di kota Ho Chi Minh. Dulunya terowongan ini digunakan untuk melakukan semua aktifitas sehari-hari, termasuk menjadi rumah sakit dan sekolah. Banyak pejuang Vietnam yang tinggal di dalam terowongan ini untuk menghindari peperangan dan gempuran bom pesawat Amerika. Akses ke terowongan bawah tanah ini terletak sekitar 40 km arah barat laut dari Kota Ho Chi Minh.

Objek wisata lainnya adalah Ha Long Bay. Penduduk sekitar menyebutnya Vinh Ha Long, daerah wisata yang paling terkenal di Vietnam. Ha Long mempunyai arti naga yang sedang turun, disebut demikian sebab bukit-bukit kapur yang terdapat di teluk ini menyerupai punggung naga yang sedang turun ke bumi. Ha Long Bay dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs World Heritage sejak 1994. Perjalanan dari Ho Chi Minh menuju teluk ini sekitar empat jam dengan bus. Banyak travel agent yang menawarkan paket perjalanan ke Ha long Bay. Untuk mendapatkan harga terbaik, sebaiknya tanyakan paket dan harga kebeberapa agent yang berbeda.

Akomodasi Murah

Lantas bagaimana dengan akomodasi di kota ini? Tenang, ada banyak pilihat kok! Kita dapat menyesuaikan penginapan sesuai kebutuhan dan budget. Hebatnya, hampir semua hotel bintang satu atau dua/ hostels disini memiliki koneksi internet yang lebih cepat daripada di Indonesia. Ada beragam backpacker hostels yang tersebar di sekitar Pasar Benh Thanh sampai hotel berbintang lima, seperti Park Hyatt Saigon atau Sheraton Saigon Hotels and Towers.

Salah satu rekomendasi, ada Bich Duyen Hotel yang terletak sangat dekat dengan pasar Benh Thanh (283/4 Pham Ngu Lao Street, District 1, 3837 4588). Hotel ini pilihan favorit para backpacker, bergaya dormitory, tersedia kamar yang bersih dan nyaman dengan beberapa tempat tidur tingkat. Biasanya dalam satu kamar untuk sekitar 6-12 orang. Tersedia pula sewa loker untuk menyimpan barang-barang penting lainnya. Harga kamar yang ditawarkan sangatlah murah, mulai dari USD 17 per malam.

Pilihan lain, The Spring Hotel (44-46 Le Thanh Ton Street, District 1, 3829 7362) yang menawarkan rate mulai dari dari USD 38 per malam dengan dua tempat tidur. Pilihan terbaik mungkin Ngoc Minh Hotel, dengan penawaran mulai USD 20 per malam. Sempatkan diri Anda untuk menikmati hidangan lezat dengan pemandangan alam terbuka pada lantai enam, restoran di hotel ini. Menawarkan pemandangan aktifitas pasar Benh Thanh yang indah di malam hari.

Untuk masalah lidah dan perut, tidak lengkap rasanya berkunjung ke suatu negara tanpa mencicipi kekayaan kulinernya. Makanan Vietnam yang paling terkenal dan sudah sering kita jumpai di Indonesia adalah Pho (mie kuah), di sajikan dengan mencampurkan kecambah (taoge) dan daun kemangi. Lalu ada Cha Gio (lumpia goreng), dan Goi Cuon (lumpia salad), biasanya dimakan dengan menggunakan saus pedas yang dicampur mangga. Kebayang kan enaknya!

Negara ini juga terkenal dengan kopinya. Memiliki cita rasa khas dengan penyajian yang unik, mengunakan dip atau alat saring. Cara pembuatannya, menaruh bubuk kopi di atas penyaring kemudian di tuangkan air panas sedikit demi sedikit. Air panas tadi lalu mengental karena terserap dalam bubuk kopi dan kemudian menetes sedikit demi sedikit melalui penyaring. Biasanya kopi ini ditambahkan susu kental manis sebelum disajikan. Mau disajikan panas atau dingin? Sama nikmatnya! Harga makanan yang dijajakan di sekitar pasar Benh Thanh sangatlah terjangkau, Pho semangkuknya 10 ribu Dong, secangkir kopi sekitar 6-8 ribu Dong.

Hal yang perlu diperhatikan, jika mengunjungi pasar tradisional maka hindarilah pemakaian perhiasan yang mencolok, dan selalu perhatikan barang bawaan. Mintalah peta (fotokopi) dari hotel Anda menginap, umumnya mereka memberikan secara gratis peta dan denah objek wisata yang berada di sekitar hotel. Tidak ada salahnya untuk membawa kamus bahasa Vietnam, karena penduduk lokal tidak bisa berbahasa asing. Persiapkan juga vitamin dan obat-obat lainnya jika perlu. Tetap fit dan selalu jaga kesehatan selama berlibur. Happy Holiday!

Artikel ini pertama kali diterbitkan pada majalah Gading Serpong Voice bulan September 2014